UMKM Indonesia Wajib Transformasi Sebelum Makin Tertinggal dari Taiwan hingga Korsel

Posted on 31 Agustus 2020

Ada banyak cara yang perlu diterapkan Indonesia untuk mengejar ketinggalan ekonomi, salah satunya adalah dengan bertransformasi.

Pemerintah bersama dengan usaha micro kecil menengah (UMKM) perlu meninjau kembali strateginya agar dapat menyusul negera maju lainnya seperti Jerman, Korea Selatan dan Taiwan.

"Apabila kita tidak bertransformasi, Indonesia akan tertinggal. Karena Taiwan, Korea Selatan, Jerman, UMKM mereka sudah mulai suplai untuk industri high technology. Jadi UMKM kita sekarang jangan hanya kita pikir untuk makanan, fashion, itu saja. Tapi sudah mulai kita lakukan untuk transformasi teknologi," kata Luhut dalam sebuah acara webinar.

Dirinya juga menginginkan, agar keberpihakan membeli produk dengan komponen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Hal ini seiring instruksi Presiden Joko Widodo yang tegas menyatakan agar semua Kementerian dan Lembaga bisa membeli produk Indonesia sehingga betul mendorong UMKM.

Selain itu, menurutnya Indonesia harus berpikir out of the box dalam memajukan UMKM.

Adapun, tidak boleh bisnis as usual, terutama dalam pandemi ini dalam mendongkrak ekonomi Indonesia.

"Perlu kita lihat untuk bisa mungkin sampai pada tatanan lebih besar sehingga umkm dalam high technology bisa mendapatkan peluangnya. Semua kita putar otak kita dan itu pesan saya ke anak muda dalam vidcall UMKM. Ayo kreasikan kreasi hebat kalian," jelasnya.

Related Posts