Cara Memulai Bisnis Kuliner, Wajib Dicoba!

Posted on 22 Februari 2022

Banyak cara memulai bisnis kuliner yang bisa dilakukan bagi pemula. Salah satunya, mencari lokasi yang tepat atau strategis. Selain itu, sebaiknya menyukai kuliner dan memahami bisnis kuliner yang akan dijalani. Ini merupakan hal dasar yang harus dimiliki pemula untuk memudahkan menjalankan usaha.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini cara memulai bisnis kuliner:


1. Matangkan Konsep 

Langkah awal dari memulai bisnis kuliner adalah mematangkan konsep menu dan bagaimana usahanya akan dijalankan. Keunikan, value, harga perlu dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini penting melakukan pengamatan dan survei lapangan. Pastikan juga sumber bahan baku berasal dan tempat penyimpanan bahan baku. Selain itu, matangkan juga konsep pemasarannya, promosi yang dilakukan dan juga tempat usaha. Misal bentuk desain booth usaha, display etalase, hingga perlengkapan dan peralatan masak yang digunakan.

2. Riset Pasar

Setiap bisnis harus memiliki keunikan yang membuat produk Anda berbeda dari kompetitor. Anda juga wajib melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang menu kuliner yang akan dipilih. Caranya dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai kompetitor bisnis.

3. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi bisnis juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membuka usaha restoran atau kedai. Pasalnya, lokasi yang strategis akan banyak dicari konsumen. Yang perlu menjadi perhatian Anda adalah memastikan tempat tersebut mudah diakses, dan ditemui di mesin pencari Google. Kendati demikian, untuk saat ini, lokasi tidak terlalu menjadi masalah karena teknologi pesan antar semakin memudahkan konsumen, sehingga konsumen tak perlu repot-repot keluar rumah.

4. Ciptakan Nama Usaha dan Menu Sekreaktif Mungkin

Penciptaan nama atau merek usaha sangat penting. Manfaatnya agar dapat dikenali calon konsumen yang lewat kedai Anda atau yang mencari di Google Maps.

5. Siapkan Modal

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kuliner sangat bervariasi, tergantung pada rencana bisnis yang Anda rancang. Anda bisa menggunakan tabungan atau meminjam ke bank.

6. Promosikan Bisnis Kuliner

Ada banyak cara efektif memperkenalkan nama usaha dan menu kuliner yang Anda miliki, bisa melalui media sosial ataupun beriklan. Jangan lupa promosikan produk Anda melalui RCTI Ads. Dengan RCTI Ads Anda diberi kemudahan beriklan di TV maupun media digital nomor satu di Indonesia hanya dari rumah. Bahkan pasang iklannya pun cepat dan mudah semudah update status.


Itulah cara memulai bisnis kuliner yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu!

Related Posts