Cara Jitu Mengenali Pasar Sebelum Merencanakan Bisnis

Posted on 02 Maret 2021

Ada hal yang perlu dianalisa sebelum memulai bisnis. Adalah analisa pasar.

Analisa pasar diperlukan setelah produk dari bisnis Anda telah ditentukan. Setelah produk matang, pelaku bisnis harus memberikan gambaran tentang industri yang akan ditembak.

Ini akan sangat berguna apalagi ketika Anda ingin menjaul produk atau layanan yang akan ditawarkan, termasuk statistik untuk mendukung klaim usaha tersebut.

Dilansir dari The Balance Small Busines, Jakarta, Minggu (28/2/2021) secara umum, bagian analisis pasar harus mencakup informasi tentang industri, target pasar, pesaing, dan bagaimana cara untuk membuat tempat untuk produk dan layanan sendiri.

Data ekstensif untuk bagian ini harus ditambahkan di akhir rencana bisnis sebagai lampiran, dengan hanya statistik paling penting yang disertakan di bagian analisis pasar itu sendiri.

Oleh sebab itu membuat analisis perlu dilakukan agar keberlangsungan bisnis di pasaran bisa berjalan lancar.

Berikut ini telah Okezone rangkum 7 cara membuat analisis pasar yang bisa membantu menargetkan bisnis yang akan dijalankan.

1. Gunakan Internet

Karena sebagian besar bagian analisis pasar bergantung pada data mentah, Internet adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Data demografis dapat dikumpulkan dari serangkaian pencarian untuk mengungkap informasi tentang pesaing bisnis, dan dapat melakukan sebagian dari riset pasar secara online.

2. Jadilah Pelanggan

Salah satu cara paling efektif untuk mengukur peluang di antara target pasar adalah dengan melihat produk dan layanan melalui mata pembeli.

Data yang dilihat, misalnya apa masalah yang perlu diselesaikan? Bagaimana kompetisi memecahkan masalah itu? Bagaimana Anda akan menyelesaikan masalah dengan lebih baik atau berbeda?

3. Langsung ke Pengejaran

Akan bermanfaat bagi audiens rencana bisnis jika memasukkan ringkasan bagian analisis pasar sebelum menyelami detailnya.

Ini memberi pembaca gambaran tentang apa yang akan datang dan membantu mereka memahami detail terpenting dengan cepat.

4. Lakukan Riset Pasar Secara Menyeluruh

Luangkan waktu yang selama fase eksplorasi awal untuk meneliti pasar dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Kirim survei, lakukan grup fokus, dan mintalah umpan balik saat memiliki kesempatan. Kemudian gunakan data yang dikumpulkan sebagai bahan pendukung untuk analisis pasar.

5. Gunakan Alat Bantu Visual

Informasi yang disertai oleh angka, seperti statistik dan metrik yang disertakan dalam analisis pasar, biasanya lebih mudah dipahami saat disajikan secara visual.

Gunakan bagan dan grafik untuk mengilustrasikan angka paling penting.

6. Ringkas dan Sertakan Data

Dalam banyak kasus, mereka yang membaca rencana bisnis sudah memiliki pemahaman tentang pasar. Sertakan data dan hasil terpenting di bagian analisis pasar dan pindahkan dokumentasi dan statistik pendukung ke lampiran.

7. Kaitannya Kembali dengan Bisnis Anda

Semua statistik dan data yang dimasukkan ke dalam analisis pasar harus dikaitkan kembali dengan perusahaan dan produk serta layanan yang ditawarkan.

Saat menguraikan kebutuhan pasar sasaran, fokus dan posisikan diri sendiri secara unik bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca artikel aslinya di Okezone.com dengan judul 7 Cara Membaca Pasar saat Rencanakan Bisnis

Related Posts